Talk Show “Persiapan Dini Masuk Perguruan Tinggi Nasional Dan Internasional”

Diposting pada: 2019-07-31, oleh : admin1smasa, Kategori: Informasi Sekolah

Pada hari Jumat, 26 Juli 2019 bertempat di Aula SMAN 1 MADIUN, diadakan kegiatan Talk Show Persiapan Dini Masuk Perguruan Tinggi Nasional dan Internasional. Acara tersebut diselenggarakan bekerja sama dengan salah satu Bimbel Ternama di kota Madiun.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Ketua Komite SMAN 1 MADIUN, Bapak Drs. Eddie Sanyoto dan Sekretaris Ikatan Alumni SMAN 1 MADIUN atau IKBA SMASA Bapak Dr. Bambang Sulistyo. 

Acara diawali dengan sambutan Kepala SMAN 1 MADIUN Bapak Drs. Imron Rosidi, M.Pd. Dalam sambutannya Beliau berpesan kepada semua siswa klas XII agar memanfaatkan acara tsb untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang cara2 masuk ke PTN dan PT Internasional.

Bapak Drs. Imron Rosidi, M.Pd. menyampaikan bahwa banyak lulusan SMAN 1 MADIUN yang sukses dan kembali ke SMAN 1 MADIUN untuk memberi motivasi dan bimbingan kepada adik-adiknya, sebagai mana yang dilakukan oleh Nara Sumber Acara Talk Show hari itu yaitu Bapak Dr. Suko Widodo, M.Si.

Selain itu Beliau juga menyampaikan bahwa Ketua Komite dan Sekretaris IKBA SMASA adalah alumni SMASA yang ikut berkontribusi dan berperan aktif  dalam kemajuan SMAN 1 MADIUN.  Beliau menjelaskan bahwa selain Program Intensitas Belajar (IB) yang diselenggarakan sekolah untuk semua siswa kelas XII, ada juga IB yang diselenggarakan kerjasama dengan Alumni SMAN 1 MADIUN yang tergabung dalam IKBA SMASA bagisiswa peringkat paralel 40% terbaikuntuk membantu siswa mempersiapkan diri mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat mendaftar SBMPTN.

Nara Sumber Pertama Acara Talk Show adalah Dr. Suko Widodo, M.Si., Bagian Humas Univ Airlangga yang memaparkan tentang tips dan trik masuk PTN. Dalam paparannya Beliau menyampaikan bahwa Unair adalah salah satu PTN Favorit yang menjadi pilihan siswa saat mendaftar SNMPTN ataupun SBMPTN. Beliau juga memaparkan Fakultas-fakultas favorit pilihan siswa saat mendaftar di Unair. Dari data yang Beliau sampaikan Fakultas Ilmu Gizi menempati urutan pertama sebagai Fakultas Favorit Pilihan siswa, berikutnya disusul oleh Fakulktas Ilmu Komputer dan Fakulktas Teknis Lingkungan.

Selain itu Bapak Drs. Suko Widodo, M.Si. juga menyampaikan bahwa untuk bisa lolos Jalur SNMPTN di Unair maka siswa juga harus memperhatikan antara Fakultas pilihan dengan nilai mapel di raport yg menjadi prasyarat di Fakultas tersebut. Karena bisa jadi siswa tidak diterima bukan karena siswa tersebut tidak cerdas namun karena salah pilih Fakultas. Beliau juga menyampaikan bahwa tidak ada Sistem Zonasi untuk Tingkat Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia.

Ibu Rr Rosaline Rachmaniah SE, MPSDM, sebagai Nara Sumber  Kedua memaparkan tentang tips dan trik Kuliah di Luar Negeri. Beliau menyampaikan bahwa untuk Kuliah di LN tidak harus cerdas. Yang penting siswa mempunyai kemauan dan motivasi tinggi didukung dengan bahasa Inggris yang baik.  Beliau  juga menyampaikan bahwa kuliah di LN itu bukan hal yg mustahil, karena banyak Negara yang memberikan Beasiswa Full kepada mahasiswa dari luar, misalnya Jerman. Jerman adalah negara favorit tujuan anak-anak Indonesia yang ingin kuliah di LN. Beliau juga menyampaikan bahwa mahasiswa-mahasiswa Indonesia yang kuliah di LN bisa menambah uang saku dengan cara kerja part time.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam itu diikuti dengan antusias oleh siswa siswi kelas XII SMAN 1 MADIUN. Beberapa pertanyaan diajukan siswa al : 1) bagaimana persiapan kuliah di LN, 2) pekerjaan apa saja yg boleh sbg part time saat kuliah di LN, 3) persiapan dan pemantapan bahasa Inggris saat akan kuliah di LN.

Salah satu Bimbel ternama di Kota Madiun sebagai sponsor kegiatan Talk Show tersebut memberi kesempatan pada siswa jika ingin konsultasi SNMPTN untuk datang ke kantor Bimbel tersebut hari Sabtu mulai jam 10.00 dengan membawa raport. Selain itu Bimbel tersebut  juga memberikan voucher pendaftaran sebesar Rp 250.000,- kepada semua siswa yang ikut acara Talk Show hari itu. Voucher sebesar 1 juta akan diberikan jika mendapat rekomendasi dari Bapak Drs. Imron Rosidi, M.Pd. selaku Kepala SMAN 1 MADIUN


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id