SMA NEGERI 1 MADIUN DITUNJUK SEBAGAI SMA ZONASI

Diposting pada: 2019-09-18, oleh : admin1smasa, Kategori: Informasi Sekolah

 

Pada Tahun Pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Madiun ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Sekolah Zonasi.  Penunjukan itu tertuang dalam Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Dasar  Dan  Menengah  Kementerian  Pendidikan  Dan  Kebudayaan,  Nomor:4243.1/D4/Kp/2019, tentang “Penetapan Sekolah Pelaksana Program SMA Zonasi Tahun 2019”.

SMA Zonasi adalah sekolah yang memenuhi SNP dan melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), mengembangkan praktik baik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, melakukan inovasi dan berprestasi baik akademik maupun non akademik, serta melaksanakan program kebijakan pendidikan yang layak diimbaskan ke SMA lain di zonanya. SMA Zonasi mengembangkan program keunggulan sesuai potensi sekolah dan kebutuhan masyarakat.

Sebagai SMA   Zonasi  maka SMA Negeri 1 Madiun berkewajiban untuk mengembangkan dan mengimbaskan praktik-praktik yang baik dalam peningkatan mutu berkelanjutan, program inovasi dan prestasi akademik maupun non akademik pada sekolah lain dalam wilayah zonasinya.   Sekolah   Imbas   yang   berada   dalam zonasi SMA Negeri 1 Madiun adalah SMA Negeri 5 Madiun, SMA Taman Madya, SMA Taman Bakti, SMA PSM dan SMA Bona Ventura.

Program SMA Zonasi yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Madiun antara lain :

1.     IN HOUSE TRAINING (IHT) PENGEMBANGAN SPMI  DAN PENYUSUNAN SOAL HOTS

Pada Hari Kamis, tanggal 22 Agustus 2019 di Aula SMA Negeri 1 Madiun pukul 08.00 sd 15.00 diadakan IHT Pengembangan SPMI dan Penulisan Soal HOTS.

IHT ini bertujuan ;

a.    Sosialisasi Program SMA Zonasi SMA Negeri 1 Madiun Tahun 2019   ke sekolah imbas dan guru-guru

SMAN 1 Madiun,

b.   Mengimbaskan Materi tentan Pengembangan SPMI

c.    Mengimbaskan Materi tentang Penyusunan Soal HOTS

IHT tersebut  diikuti  oleh  Komite  Sekolah,  Wakasek  Kurikulum  dan satu  orang  guru dari  masing-masing sekolah imbas serta 25 guru dari SMA Negeri 1 Madiun.

Dalam sambutannya Kepala Cabang Dinas pendidikan Wilayah Madiun, Supardi, S.H, M.M. menyampaikan bahwa Program Zonasi Sekolah adalah adalah bagian dari kebijakan Kemdikbud dalam rangka menghadirkan pemertaan akses pada layanan pendidikan serta pemerataan kualitas pendidikan nasional.

Supardi, S.H, M.M. mengatakan “ Program Zonasi sekolah tidak hanya meliputi PPDB Zonasi, tetang juga Sekolah Zonasi, dimana sekolah zonasi adalah sekolah yang ditunjuk pemerintah untuk mengimbaskan prasktik-praktik baik yang telah dilakukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran berkelanjutan pada sekolah lain di sekitas zonanya.”

Kepala SMA Negeri 1 Madiun, Drs. Imron Rosidi, M.Pd. dalam paparan Materi Sosialisasi Sekolah Zonasi mengatakan “SMA Zonasi adalah istilah baru dari Sekolah Rujukan, dimana pada tahun sebelumnya di Kota Madiun yang ditunjuk sebagai SMA Rujukan adalah SMA Negeri 2 Madiun. Dan Alhamdulillah pada Tahun Pelajaran 2019/2020 SMA Negeri 1 Madiun yang sebelumnya ditunjuk menjadi Sekolah Model telah berubah ditunjuk menjadi Sekolah Zonasi.”

Drs. Imron Rosidi, M.Pd. melanjutkan bahwa sekolah imbas yang telah ditetapkan sebagai bagian pengimbasan dari Program SMA Zonasi adalah SMAN Negeri 1 Madiun, yaitu SMA Negeri 5 Madiun, SMA Taman Madya, SMA Taman Bakti, SMA PSM dan SMA Bona Ventura.

Pengawas SMA Negeri 1 Madiun, Drs. Agus Purwanto, M.Pd. sebagai Nara Sumber Materi Pengembangan SPMI mengatakan bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal(SPMI) adalah Sistem penjaminan mutu yang berjalan  di  dalam  satuan  pendidikan  dan  dijalankan  oleh  seluruh  komponen  dalam  satuan  pendidikan disebut  sebagai.  SPMI  mencakup  seluruh  aspek  penyelenggaraan  pendidikan  dengan  memanfaatkan berbagai sumberdaya untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Lebih lanjut Drs. Agus Purwanto, M.Pd. mengatakan bahwa “Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ini dikembangkan melalui siklus berkelanjutan yang meliputi tahapan pemetaan mutu, penyusunan rencana pemenuhan mutu, pelaksanaan pemenuhan mutu, monitoring dan evaluasi, dan penetapan standar baru.” Muhadi, M.Pd. sebagai Nara Sumber Penyusunan Soal HOTS mengatakan bahwa Higher-order thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Muhadi, M.Pd. lebih lanjut mengatakan “Soal HOTS mengukur kemampuan : Transfer satu konsep ke konsep lainnya, memproses dan menerapkan informasi, mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah  dan menelaah ide dan informasi secara kritis”

Materi-materi yang disampaikan pada In House  Training Pengembangan SPMI dan Penulisan Soal HOTS mendapat tanggapan antusias dari peserta IHT.  Lukunanto, S.Pd. dari SMA Taman Bakti mengatakan bahwa banyak ilmu dan wawasan baru yang diperoleh pada IHT tersebut, terutama terkait Penyusunan Soal HOTS.

2.     IN HOUSE TRAINING (IHT) PENYUSUNAN E-MODUL DAN PENGENALAN E-RAPOR

IHT Penyusunan E-Modul dan Pengenalan Raport dilaksanakan apada hari Jum’at, tanggal 13 September 2019 pukul 08.00 sd 15.00 di aula SMAN 1 Madiun. Acara tersebut diikuti oleh Wakasek Kurikulum dan satu orang guru dari sekolah imbas serta seluruh guru-guru SMA Negeri 1 Madiun.

Sebagai Nara Sumber pada Acara tersebut adalah Latif Zamroni, M.Pd dari SMA Negeri 1 Geger dan Dharma Waskito Aji, M.Pd. dari SMA Negeri 3 Taruna Angkasa Madiun.  Latif Zamroni, M.Pd. mengataka “Kumpulan materi pelajaran yang digunakan oleh peserta didik untuk belajar mandiri, yang dipelajari secara bertahap, dan  menyeluruh,  disusun secara sistematis,  dilengkapi dengan tugas, latihan atau bahan evaluasi, serta bahan pendukung lainnya untuk menunjang proses pembelajaran dalam mata pelajaran tertentu”.

“E-Modul adalah modul yang disampaikan menggunakan suatu media elektronik berbasis komputer, memanfaatkan berbagai fungsi media elektronik sehingga disebut sebagai multimedia, memanfaatkan berbagai fitur yang ada pada aplikasi software dan didesain secara cermat dengan  memperhatikan prinsip pembelajaran,” papar Latif Zamroni, M.Pd.

Pemamparan materi E-Modul pada IHT tersebut dilanjutkan dengan praktek membuat E-Modul didampingi kedua nara sumber. Peserta terlihat antusias mengikuti praktek pembuatan E-Modul walaupun banyak kesulitan-kesulitan yang ditemui ketika menggunakan Aplikasi Sigil dalam pembuatan E-modul.

Di akhir pembuatan E-Modul, peserta juga diajarai cara menggunakan Aplikasi   dari Play Store untuk menampilkan E-Modul yang telah dibuat.Pada Materi Pengenalan E-Rapor, peserta dari sekolah imbas mendapat pengenalan tentang cara menggunakan E-Rapor dalam Pelaporan Hasil Belajar Siswa. Sedangkan untuk guru-guru dari SMA Negeri 1 Madiun materi tersebut bermanfaat untuk mengingatkan kembali cara pengisian E-Rapor.

3.     IN HOUSE TRAINING (IHT) PEMBELAJARAN STEM DAN PENGUATAN SKS

Pada hari Sabtu, tanggal 14 September 2019 di Aula SMAN 1 Madiun diselenggrakan IHT Pembelajaran STEM dan Penguatan SKS. IHT tersebuat merupakan kelanjutan dari IHT Penyusunan E-Modul dan Pengenalan E-Rapor.

Mujib, S.Pd, M.M. sebagai Nara Sumber Pembelajaran STEM mengatakan bahwa Pembelajaran STEM sangat diperlukan karena :

1.     Globalization, meningkatkan daya saing global (kompetitif)

2.     Innovation, setiap inovasi/produk masa kini melibatkan STEM

3.      World Problems,  orang yang mampu STEM yang akan banyak  dibutuhkan Dunia (untuk memecahkan banyak masalah di dunia).

4.      Promotes Interest in STEM Careers, membantu kaum muda tertarik untuk mengejar karir di bidang STEM.  Engineer;  Automotive,  Technician,  Computer  Programmer,  Inventor,  Electronics  Technician, STEM Instructor.

5.     Promotes Hands-On Problem Solving & 21st Century Skills

Lebih lanjut Mujib, S.Pd, M.M. juga mengatakan “Pendidikan STEM Edward M. Reeve, PhD (2015) adalah pendekatan pembelajaran di mana; sains, teknologi, engineering/rekayasa, dan matematika sengaja diintegrasikan”.

Mujib, S.Pd, M.M. mengatakan bahwa STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering and Mathematics. Adapun karakteristik Pembelajaran STEM adalah :

•  Integrasi Sains, Teknologi, Enjiniring, dan Matematika dalam satu pengalaman belajar 

•  Pembelajaran bebasis Proyek

•  Kontekstual dengan kehidupan nyata (Real World Application)

•  Menyiapkan siswa untuk menjadi SDM yang mampu integratif

•  Mengembangan softskill dan keterampilan teknis

Materi terakhir pada IHT tanggal 14 September tersebut adalah tentang Penguatan SKS.

SMA Negeri 1 Madiun pada Tahun Pelajaran 2019/2020 ini telah melaksanakan Pembelajaran SKS selama

kurang  lebih 2 bulan.    Mujib,  S.Pd, M.M. selaku nara  sumber mengingatkan kembali tentang  5 Prinsip

Penyelanggaraan SKS dan 7 Ketentuan Pokok Penyelenggaraan SKS.

Mujib, S.Pd, M.M. juga menyampaikan cara penentuan kelas Belajar Cepat sekaligus mengingatkan bahwa jika ada siswa yang termasuk Kelas Belajar Cepat, maka paling lambat minggu ketiga bulan September Kelas belajar Cepat tersebut harus sudah terbentuk.

“Kelas Belajar Cepat dapat dikelola secara Heterogen dan Homogen” papar mujib, S.Pd, M.M.   Beliau juga menyampaikan   “Kelas Heterogen adalah kelas dimana siswa belajar cepat tetap berada di kelas masing- masing bersama siswa belajar normal dan lambat. Sedangkan Kelas Homogen adalah kelas dimana siswa belajar cepat dijadikan satu dengan siswa belajar cepat dari kelas lain dalam satu kelas pembelajaran. Materi Penguatan SKS tersebut mendapat tanggapan yang sangat antusias dari peserta mengingat SMA Negeri 1 Madiun telah 2 bulan melaksanakan SKS. Banyak pertanyaan yang disampaikn kepada nara sumber seputar pelaksanaan SKS. Acara IHT ditutup oleh kepala SMA Negeri 1 Madiun pada pukul 15.30 dengan harapan apa yang diperoleh selama IHT bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di SMA Negeri 1 Madiun dan sekolah imbas.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id