Perkemahan Penerimaan Calon Penegak ( PPCP) Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2019/2020

Diposting pada: 2019-08-19, oleh : admin1smasa, Kategori: Tanpa Kategori

SALAM PRAMUKA DARI BUMI PERKEMAHAN.............

Pendidikan Kepramukaan merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan pendidikan karakter peserta didik. Di SMAN 1 Madiun, Pendidikan dilaksanakan terintegrasi dengan kegiatan pembelajaran intrakurikuler yang dinamakan Pramuka Wajib dan ekstrakurikuler Pramuka bagi siswa siswi yang benar benar ingin menekuni bidang kepramukaan.

Berdasarkan program kerja SMAN 1 Madiun bidang kesiswaan, Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun adalah kemah besar, yaitu Perkemahan Penerimaan Calon Penegak ( PPCP). Yang pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 27-29 Juli 2019, di Bumi Perkemahan Kandangan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melantik para Penggalang menjadi Penegak. PPCP ini diikuti kurang lebih 318 peserta calon penegak yaitu siswa siswi kelas X dan sekitar 60 siswa siswi klas XI, XII dari Dewan ambalan Penegak Pandu Bhima Smasa periode 2019/2020 sebagai panitia penyelenggara kegiatan.

Rangkaian kegiatan PPCP tersebut diawali dengan upacara pemberangkatan dari SMAN 1 Madiun menuju bumi perkemahan Kandangan pada hari Sabtu tanggal 27 Juli Pukul 07.00, Sesampainya di Buper Kandangan, seluruh peserta  menempati kavling tenda yang sudah dipersiapkan, kemudian dilanjutkan dengan bersama sama mendirikan tenda masing masing kelompok atau sangga.

 

Setelah Ishoma, tepatnya pada pukul 14.00 Kegiatan Perkemahan Penerimaan Calon Penegak   dibuka oleh Kepala SMAN 1 Madiun, Bapak Drs. Imron Rosidi, M.Pd, selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 02-073/02-074 SMAN 1 Madiun. Dalam Sambutannya , beliau menekankan pada   tujuan dilaksanakannya kegiatan kemah besar selama tiga hari tersebut yaitu  mempersiapkan generasi muda yang  berkarakter  dan berbudi pekerti  luhur, sebagai generasi penerus bangsa yang  handal guna menghadapi tantangan hidup di zaman milenial. Kemampuan bersaing dalam era global dengan mengedepankan penguasaan karakter moral ( religius, disiplin, jujur, mandiri, bertanggung jawab, kerja keras, kreatif )

Dalam pembukaan tersebut beliau juga menyampaikan, sebagai pramuka yang menjiwai Tri satya dan Dasa Dharma, hendaknya memiliki kompetensi berfikir Kritis, bertindak kreatif, berjiwa ksatria, mampu berkomunikasi dan mampu berkolaborasi . Hingga apa yang menjadi misi dan visi kepramukaan dapat terwujud.

Setelah upacara Pembukaan selesai, seluruh peserta kembali ke tenda , mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh kakak kakak mereka yang tergabung dalam Sangga Kerja pandu Bhima Smasa atau Dewan Ambalan Penegak. Adapun Kegiatan yang diagendakan dalam PPCP tersebut antara lain, sholat berjamaah, olah raga bersama, penjelajahan, dan berbagai  perlombaan dalam bentuk Game yang menguji mental, disiplin, kerja keras, kerjasama dan tanggung jawab dari masing masing kelompok atau sangga. Satu ciri khas kegiatan yang sangat berkesan dan menjadi simbol perkemahan adalah api unggun yang dikemas  dengan pentas seni , dimana masing masing sangga akan unjuk kebolehan dalam ajang kreasi dan kreatifitas yang ditampilkan bersamaan dengan api api api unggun yang terus menyala........

Sebagai acara pungkasan, Pada hari Senin, tanggal  29 Juli 2019, kegiatan PPCP ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Bapak supriyanto, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta atas dilantiknya menjadi Pramuka Penegak Gugus Depan 02-073/02-074 SMAN 1 Madiun. Diharapkan dari seluruh rangkaian kegiatan PPCP tersebut  seluruh siswa siswi kelas X akan kembali dengan semangat baru,  unggul, berkarakter  dan mampu mengimplementasikan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari hari serta menjadi pribadi yang mumpuni, sebagaimana yang dituangkan dalam  Visi Gerakan Pramuka kwarda jatim  Dalam Upaya Penyusunan Arah Kebijakan Gerakan Pramuka Indonesia Tahun 2014 – 2034 yaitu: ”Gerakan Pramuka Menjadi Lembaga Pendidikan Utama bagi Pembentukan Karakter Kaum Muda”.

Visi tersebut juga bersinergi dengan visi SMAN 1 Madiun yaitu “ Terwujudnya Generasi yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berkarakter Kuat, Cakap dalam Pengetahuan dan Ketrampilan, Mampu Bersinergi dalam Persaingan di Era Global dan Berbudaya Lingkungan “

BRAVO PANDU BHIMA SMASA, JAYA LUAR BIASA...

 

 

 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id

Komunitas Edukasi

Forum Multimedia Edukasi www.formulasi.or.id